Panduan Sinkron Data Emis Dengan Sispena

Assalamu'alaiku,,,Sahabat Ruang Madrasah, SISPENA-S/M adalah sebuat sistem penilaian yang berbasis Website yang di pergunakan untuk menilai sekolah/madrasah dalam menentukan layak tidaknya untuk mengikuti proses akreditasi. Sistem Penilaian ini sudah terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) kemendikbud dan Emis Kemenag.
sinkronisasi emis dengan sispena
SISPENA merupakan sebuah alat bantu yang menjembatani sekolah/madrasah yang ingin dilakukan visitasi oleh pihak yang berwewenang (BAN-S/M),  Sistem Penilain Akreditasi juga merupakan sebuah pintu gerbang bagi sekolah/madrasah dalam memajukan dan memperkenalkan lembaga pendidikannya pada pemerintah, baik daerah maupun pusat.

Oleh sebab itu jika sekolah/madrasah ingin diakui keberadaannya oleh pemerintah maka segera melakukan akreditasi, untuk dapat melakukan proses ini sekolah/madrasah harus mengisi Data Isian Akreditasi Pada layanan SISPENA-S/M yang sudah disediakan oleh BAN-S/M.

Dalam Prosedur Operasional Standar Akreditasi tahun 2019 silahkan baca" POS Akreditasi 2019" sudah dijelaskan secara gamblang bahwa Alur dalam proses Akreditasi terdapat 8 alur diantaranya adalah:
  1. Sosialisasi Pengisian DIA 
  2. Penetapan Sekolah/Madrasah yang akan di visitasi dan penugasan Asesor
  3. Visitasi Sekolah/Madrasah
  4. Validasi Proses dan Hasil Visitasi
  5. Verifikasi hasil validasi dan penyusunan rekomendasi
  6. Penetapan hasil dan rekomendasi akreditasi
  7. Pengumuman hasil akreditasi dan penerbitan sertifikat akreditasi dan rekomendasi
Dari 8 alur diatas ada sebagian yang sudah mimin jelaskan pada artikel sebelumnya silahkan baca "Sosialisai Pengisian Data Isian Akreditasi (SISPENA-S/M) ", namun pada artikel tersebut ada satu pembahasan yang belum sempat mimin jelaskan.

Pada kesempatan ini mimin ingin melanjutkan pembahasan yang belum sempat mimin jelaskan yakni mengenai Pemutakhiran Data pada Isian DIA. Namun Sebelum itu seperti yang sudah mimin jelaskan diatas bahwa sistem ini (SISPENA-S/M) sudah terintegrasi dengan data pokok yang berada pada sekolah atau madrasah (Dapodik dan Emis). Oleh karena itu untuk Pemutakhiran data ini harus dilkukan sinkronisasi dari dapodik dan emis, untuk caranya silahkan ikuti langkah di bawah ini

Cara Pemutakhiran Data

Dalam melakukan settingan ini ada beberapa sub menu yang didalamnya mencakup Data Siswa, Mata Pelajaran, data guru dan tenaga kependidikan, dan sarana prasarana. 

Untuk lebih jelasnya mimin akan membahas satu persatu dari ke 5 sub menu tersebut, sekaligus mensinkronkan antara data emis dengan Sispena.

1. Data Siswa

Untuk memunculkan siswa yang berada pada data Emis/Dapodik silahkan ikuti langkah berikut
  • Langkah pertama silahkan anda klik menu Data Isian Akreditasi (DIA) yang ada di samping 
  • Setelah itu silahkan anda klik menu Pemutakhiran Data dan pilih Data Siswa
  • Jika anda belum melakukan sinkronisasi data, maka data siswa pada menu ini masih kosong, untuk memunculkannya silahkan anda klik Ambil data dari Dapodik/Emis
  • Proses pengambilan data akan langsung di proses jika data di Emis sudah dilengkapi 
    sinkron emis sispena-s/m
Perlu anda ketahui bahwa data siswa yang diperlukan dalam pengisian DIA adalah data rekap per rombongan belar bukan data nama siswa, untuk itu silahkan anda lengkapi Data Rombongan Belajar yang berada di EMIS dengan cara => klik menu Kelembagaan => lalu klik Siswa => kemudian klik Data Rombongan Belajar.

2. Mata Pelajaran

Pada menu ini sama halnya seperti pada data siswa, Data Mata Pelajaran masih kosong, anda harus melakukan sinkronisasi mata pelajaran terlebih dahulu  untuk caranya silahkan perhatikan di bawah ini
sinkron emis sispena-s/m
Silahkan anda masuk Emis kemudian klik menu Kelembagaan => Kegiatan Belajar Mengajar=> Mapel yang Diselenggarakan
Jika sudah disi silahkan anda masuk Sispena lagi untuk mengambil data Mata Pelajaran yang berada pada Emis, untuk caranya dsilahkan Klik Menu Pemutakhiran Data => Mata Pelajaran => Ambil Data dari Dapodik/Emis
sinkron emis sispena-s/m

3. Data Guru dan Tenaga Kependidikan

Untuk menu ini anda bisa mengambil dari data Emis, namun sebelum mengambil data guru silahkan anda periksa terlebih dahulu pada data di Emisnya. Yang harus dilengkapi pada menu ini adalah Nama Guru, Mata Pelajaran yang di ampu, Nama sekolah/madrasah, Jenis guru dan pendidikan terakhir.

Sedangkan untuk Tenaga Kependidikan data yang harus diisi adalah Nama Tenaga kependidikan, Nama sekolah/madrasah dan Jenis. Untuk cara mengisinya silahkan perhatikan penjelasan berikut:
sinkron emis sispena-s/m
  • Mengisi Mata Pelajaran yang diampu guru
Silahkan anda buka Emis kemudian klik Menu PTK=> klik Detail PTK => Status Keaktifan=> Jenis Guru klik simpan
  • Untuk mengisi Pendidikan terakhir
Silahkan anda buka Emis kemudian klik menu PTK => Detail PTK =>Kualifikasi Pendidikan => pilih kolom Pendidikan terakhir =>Klik tambah data
  • Untuk mengisi Jenis Guru
Untuk mengisi jenis guru/PTK silahkan anda buka Emis klik menu PTK=>Detail PTK=>Aktifasi penugasan Pendidik=>Klik tambah data di bagian Satminkal=> klik simpan
  • Untuk Mengisi Tenaga Kependidikan
Silahkan anda buka Emis klik menu PTK=>Detail PTK=>Aktifitas Penugasan Tenaga Kependidikan=>Jenis Tugas Utama=>Klik Simpan

4. Data Sarana Prasarana

Untuk mensinkronkan data Sarpras dari Emis, silahkan anda lengkapi data-data seperti luas tanah, status tanah, rincian data ruangan, ruangan kelas, ukuran. Untuk mengisi data-data tersebut silahkan anda buka lagi Emisnya pilih menu Kelembagaan=>pilih Sarana Prasarana+>rincian data ruangan
sinkron emis sispena-s/m

Demikian Pembahasan kali ini semoga bermanfaat khususnya bagi sekolah/madrasah yang tahun ini menjadi sasaran akreditasi.

Add Comments


EmoticonEmoticon