Pengertian dan Tugas Khulafaur Rasyidin

Assalamu'alaikum,,,Sahabat Ruang Madrasah yang berbahagia,,Fungsi kenabian Nabi Muhammad Saw adalah sebagai utusan Allah Swt yang diperintahkan untuk menyampaikan ajaran agama Islam, selain itu peran beliau juga sebaga kepala pemerintahan yang berpusat di Madinah.
khulafaur rasyidin

Setelah Nabi Muhammad Saw. wafat, peran beliau sebagai rasul/nabi tidak dapat digantikan oleh orang lain. Akan tetapi fungsi Nabi Muhammad Saw sebagai Pemimpin Pemerintahan dapat digantikan oleh orang lain. Pergantian ini disebut dengan Khalifatur Rasulullah yang artinya Pengganti Rasulullah Saw.

Khalifatur Rasulullah dikenal dengan sebutan Khulafaur Rasyidin. Jumlah orang yang menggantikan kepemimpinan Rasulullah dalam sebuah pemerintahan sebanyak 4 orang diantaranya adalah:
  1. Abu Bakar Shiddiq
  2. Umar bin Khattab
  3. Utsman bin Affan
  4. Ali bin Abi Thalib
Keempat pengganti tersebut merupakan sahabat Rasulullah Saw dalam menyebarkan dan menegakkan agama Islam sejak beliau berdakwah di makkah. 

Kata Khulafaur Rasyidin berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari 2 suku kata, kata yang pertama yaitu Al-Khulafau yang merupakan bentuk Jamak dari Khalifah. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa bentuk jamak itu menunjukkan sesuatu yang lebih dari satu, seperti halnya kata meja yang bentuk jamaknya adalah meja-meja, berarti meja tersebut jumlahnya lebih dari satu, sama halnya dengan kata Al-Khulafau yang mempunyai arti khalifah-khalifah, menunjukan lebih dari satu khalifah. 

Khalifah artinya adalah pengganti atau wakil. Lebih tepatnya pengganti Rasulullah sebagai pemimpin pemerintahan bukan sebagai nabi/rasul. Karena nabi Muhammad Saw adalah nabi/rasul terakhir jadi tidak mungkin ada Nabi atau Rasul lagi setelah Nabi Muhammad Saw wafat, Jika memang ada, sudah dipastikan bahwaorang tersebut merupakan Nabi PALSU atau orang yang mengaku-ngaku Nabi.

Kata yang kedua yaitu Ar-Rasyidin yang artinya adalah mendapatkan petunjuk. Sedangkan maksud petunjuk pada kata tersebut adalah Orang yang mendapatkan petunjuk dari Allah Swt. 

Jadi kesimpulan dari dua suku kata tersebut adalah Al-Khulafaur Rasyidin artinya pengganti Rasulullah Saw sebagai kepala pemerintahan yang selalu mendapatkan petunjuk dari Allah Swt.

Keempat Khulafaur Rasyidin tersebut meneruskan tugas Rasulullah Saw untuk memimpin masyarakat sebagai kepala pemerintahan, menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat, membela batas-batas wilayah kekuasaan Islam dan menegakkan agama Islam.

Add Comments


EmoticonEmoticon