Daftar Linieritas Ijazah D4/S1 Peserta PPG Dengan Program Studi PPG

Direktorat Jendral Pendidikan Islam baru-baru ini telah mengeluarkan Surat Edaran dengan Nomor : 272/Dt.I.II/2/Kp.02.3/4/2019 prihal Persiapan Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan, surat tersebut di tanda sahkan pada tanggal 08 April 2019.
linieritas ijazah D4/S1 dengan ppg
Surat Edaran tersebut memuat beberapa kebijakan salah satunya mengenai perubahan TMT pada SK Pengangkatan Sebagai Guru yang pada tahun kemarin salah satu persyaratan PPG TMT-nya sebelum tanggal 31 Desember 2005, kini di dalam Surat Edaran tersebut di jelaskan bahwa untuk TMT pada SK Pengangkatan sebagai Guru yakni sebelum 31 Desember 2015. Baca:"Juknis TPG Tahun 2019"

Selain itu juga, dalam Surat Edaran yang sudah mimin singgung diatas terdapat beberapa lampiran yang menjelaskan tentang Linieritas yang ada di Ijazah D4/S1 dengan Program Studi PPG. Daftar linieritas tersebut merupakan sebuah pedoman bagi calon peserta PPG tatkala mengisi ajuan pendaftaran melalui akun Simpatika masing-masing calon peserta PPG. silahkan anda pelajari pada artikel sebelumnya yakni : "Panduan Ajuan PPG Dalam Jabatan Di Simpatika".

Linieritas Ijazah D-4/S-1 Dengan Prodi PPG

Perlu anda ketahui bahwa yang dimaksud Linier di sini adalah kesesuaian antara Program Studi yang ada di Ijazah D-4/S-1 dengan Program Studi dalam PPG. Meskipun pada layanan Simpatika sudah disediakan berbagai macam pilihan dalam menentukan Program Studi namun masih banyak guru calon PPG yang belum mengetahui, alhasil guru calon peserta PPG merasa ragu untuk mangajukan dirinya sebagai peserta PPG Tahun 2019.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini mimin berinisiatif ingin memberikan sedikit pencerahan mengenai Linieritas Program Studi atara Ijazah D4/S1 dengan Program Studi PPG. 

Dalam lampiran Surat Edaran yang sudah mimin sebutkan diatas, bisa kita rangkum bahwa Linieritas Ijazah D4/S1 dengan Linieritas Program Studi PPG terbagi menjadi tiga bagian, diantanya
  • Linieritas bagi Guru yang mengampu Mata Pelajaran rumpun Agama baik di jenjang MI,MTs,MA atau MAK
  • Linieritas bagi Guru yang mengampu Mata Pelajaran umum baik bertugas di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA maupun SMK./MAK
  • Linieritas bagi Guru yang mengampu Mata Pelajaran Kejuruan yang bertugas di SMK.MAK

Linieritas Guru Mata Pelajaran rumpun Agama di MI,MTs,MA atau MAK

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Mata Pelajaran Agama baik di MI, MTs, MA maupun di MAK meliputi Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis, Akidah Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam.

  • Program Studi PPG untuk Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis bisa linier dengan Ijazah Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Agama, Pendidikan Ilmu Agama dan yang lainnya
  • Program Studi PPG untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak bisa linier dengan Ijazah Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Agama, Pendidikan Ilmu Agama, Akidah Filsafat, Akhlak Tasawuf dan sebagainya
  • Program Studi PPG untuk Mata Pelajaran Fiqih bisa linier dengan Prodi pada Ijazah D4/SI dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Agama, Pendidikan Ilmu Agama, Perbandingan Madzhab dan lain-lain
  • Sedangkan untuk Program Studi PPG dari Mata Pelajaran SKI bisa linier dengan Ijazah Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Agama, Pendidikan Ilmu Agama, Sejarah Kebudayaan Islam, Sejarah Peradaban Islam dan sebagainya.

Untuk lebih lengkap dan jelasnya, silahkan anda miliki dan unduh Linieritas Program Studi Ijazah D4/S1 dengan Program Studi PPG dalam lampiran Surat Edaran dari Direktorat Jendral Pendidikan Islam di Beranda Simpatika atau anda bisa unduh di web Admin Madrasahku

Demikian yang yang dapat mimin sampaikan prihal Daftar Linieritas Ijazah D4/S1 dengan Program Studi PPG Tahun 2019 ini, semoga artikel ini bisa membantu rekan-rekan guru yang sudah layak untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru yang di selenggarakan Pemerintah.

Add Comments


EmoticonEmoticon