Aplikasi Raport Digital (ARD) adalah aplikasi yang digunakan oleh guru Madrasah dalam menyusun sebuah laporan penilaian peserta didik terhadap pencapaian kompetensi pembelajaran selama di dalam kelas
Aplikasi ARD ini merupakan aplikasi yang di kembangkan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) yang berbasis web yang bisa diakses oleh lembaga madrasah yang ada di seluruh Indonesia secara online
Aplikasi Raport Digital Madrasah sebenarnya sudah ada sejak tahun kemarin, namun untuk sekedar mengingatkan bahwa dalam penggunaan Aplikasi ARD ini anda harus mengetahui tentang Alur Penggunaan Aplikasi Rapor Digital tersebut baik sebelum menggunakan aplikasi ARD maupun saat menggunakan aplikasi tersebut agar nanti anda tidak menyalahi aturan yang sudah di tetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI
Aplikasi Raport Digital Madrasah sebenarnya sudah ada sejak tahun kemarin, namun untuk sekedar mengingatkan bahwa dalam penggunaan Aplikasi ARD ini anda harus mengetahui tentang Alur Penggunaan Aplikasi Rapor Digital tersebut baik sebelum menggunakan aplikasi ARD maupun saat menggunakan aplikasi tersebut agar nanti anda tidak menyalahi aturan yang sudah di tetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI
Penggunaa Aplikasi Raport Digital pada Semester Genap ini harus menggunakan versi terupdate yakni versi 2.3.5, selain itu pengisian ARD pada semester genap ini bisa memakai data pada Aplikasi ARD Semester Ganjil
Oleh karena itu guna untuk mensukseskan pengisian ARD Semester Genap silahkan anda Update ke versi terbaru terlebih dahulu, namun sebelum anda melakukan update ARD versi terbaru silahkan anda lakukan Backup Data ARD Lama Ke ARD Baru terlebih dahulu agar nanti saat anda melakukan Migrasi ARD Lama Ke ARD Baru bisa berjalan dengan sukses dan data lama seperti data Guru dan lainnya masih ada.
Untuk itu sebelum melakukan update sebaiknya anda baca dulu Tips Amankan Data ARD agar anda tahu bagaimana menyimpan atau mengamankan data dalam Aplikasi ARD
Untuk itu sebelum melakukan update sebaiknya anda baca dulu Tips Amankan Data ARD agar anda tahu bagaimana menyimpan atau mengamankan data dalam Aplikasi ARD
Tahapan Pengisian Aplikasi ARD Semester Genap
Pengisian Aplikasi ARD Semester Genap yang akan mimin lakukan ini merupakan pengisian ARD dengan memanfaatkan data dari Semster ganjil sebelumnya.
Untuk itu sebelum menggunakan cara ini sebaiknya anda perhatikan tahapan dan apa saja ynag harus di lakukan sebelum mengisi ARD Semester Genap, berikut ini tahapan sebelum mengisi aplikasi ARD Semester genap
Untuk itu sebelum menggunakan cara ini sebaiknya anda perhatikan tahapan dan apa saja ynag harus di lakukan sebelum mengisi ARD Semester Genap, berikut ini tahapan sebelum mengisi aplikasi ARD Semester genap
- Pastikan bahwa Aplikasi ARD yang anda pakai sudah memakai versi terbaru (V.2.3.5), jika belum silahkan anda update terlebih dahulu
- Silahkan anda cek kelengkapan data yang tersimpan pada saat mengerjakan ARD semester Ganjil yang melupiti data Mata Pelajaran, Muatan Lokal, Data Guru, Data Siswa dan lainnya
- Langkah pertama setelah laman ARD Proktor sudah terbuka silahkan anda cari dan klik menu "Konfigurasi" yang berada di samping kanan kemudian pilih "Konfigurasi Tahun Ajaran"==> kemudian klik sub menu "Konfigurasi Semester"
- Langkah selanjutnya akan ada pilihan semester, silahkan anda pilih semester yang akan anda aktifkan
- Langkah selanjutnya silahkan anda seting konfigurasi cetak rapot yang terdiri tempat raport di keluarkan dan tanggal cetak raport dengan cara klik menu "Konfigurasi" dan pilih " Konfigurasi Cetak Rapot"
- Langkah berikutnya silahkan anda logut dari aplikasi ARD tadi kemudian silahkan anda login lagi
Cara Pengisian Aplikasi ARD Semester Genap
Setelah berhasil mengatur Tahun Ajaran, Semester dan tanggal cetak raport, selanjutnya silahkan anda perhatikan tahapan dalam mengisi aplikasi Raport ARD Semester genap berikut ini
1. Masuk Akun Proktor Madrasah
- Langkah pertama silahkan anda login terlebih dahulu ke akun Proktor Madrasah dengan menggunakan username dan password admin atau yang di berikan oleh kanwil/kab
- Pastikan versi aplikasi ARD sudah terupdate ke versi 2.3.5, jika belum silahkan anda update terlebih dahulu
- Selanjutnya silahkan anda cari dan klik menu Mata Pelajaran kemudian silahkan anda hapus semua Mata Pelajaran Semester I
- Langkah selanjutnya silahkan anda cari dan klik menu Mapel Mulok kemudian silahkan anda hapus semua Mapel mulok
- Tahapan selanjutnya silahkan anda buat data Mata Pelajaran dan Mapel mulok yang baru untuk semester Genap
- Selanjutnya silahkan anda cek data guru dan Mata Pelajaran dan Mapel mulok yang diampu guru tersebut dan pastikan mapel semester I sudah terhapus semua
- Langkah selanjtnya silahkan anda cari dan klik menu "Guru", setelah terbuka silahkan anda klik "Atur Mengajar" silahkan anda hapus semua
- Setelah Mapel yang diampu guru sudah dihapus silahkan anda buat atau tambahkan lagi mapel yang di ampu guru
- Langkah selanjutnya silahkan anda cari dan klik menu "Sinkron Data"
- Sebelum anda melakukan sinkronisasi KKM pastikan sudah tidak ada Mapel yang duplikat, jika masih ada silahkan anda hapus mapel yang dobel tadi agar nanti nilai yang di input bisa bisa masuk saat cetak rapot
- Selesai
2. Masuk Akun Guru
Setelah Admin Madrasah/Proktor madrasah selesai mengatur atau mengaktifkan Aplikasi ARD Semester genap silahkan masing-masing guru bisa melakukan pengisian aplikasi ARD semester Genap.
Lalu apa saja yang harus dilakukan oleh masing-masing guru di akun Guru, berikut ini langkah-langkah yang dilakukan oleh masing-masing guru
- Langkah pertama silahkan anda login dengan username dan password yang di kasih oleh Admin/Proktor Madrasah
- Langkah selanjutnya silahkan anda atur terlebih dahulu nilai KKM pada Semester Genap
- Selanjutnya silahkan anda input nilai harian baik secara manual atau dengan cara mendownload dan upload nilai harian
- Langkah selanjutnya silahkan anda input nilai Akhir baik secara manual atau dengan cara mendownload dan upload nilai akhir
- Langkah terakhir setelah nilai sudah terinput semua silahkan anda lakukan Singkron/generate
- Selesai
3. Masuk Akun Wali Kelas
Tahapan terakhir dalam pengisian Aplikasi Raport Digital (ARD) adalah mengisi catatan siswa, namun sebelum itu perlu rekan-rekan ketahui bahwa untuk mengisi catatan siswa hanya bisa di lakukan oleh guru wali kelas saja.
Untuk itu silahkan bagi anda yang kebetulan sebagai wali kelas untuk masuk ke akun wali kelas guna untuk melakukan pencetakan rapot dan lain sebagainya, untuk perincinya silahkan anda perhatikan tahapan berikut ini
- Langkah pertama silahkan anda cari dan klik menu "Wali Kelas" kemudian klik siswa
- Selanjutnya silahkan anda klik menu catatan siswa kemudian silahkan anda masukan catatan pada siswa yang bersangkutan
- Langkah berikutnya jika semua siswa sudah anda kasih catatan silahkan anda lakukan cetak rapot dan kemudian cetak leger
- Selesai
Demikian yang dapat mimin sampaikan terkait Cara Pengisian Aplikasi ARD Semester Genap ini, semoga bermanfaat dan bisa sedikit meringankan beban rekan-rekan guru dalam mengerjakan dan mengisi nilai siswa dalam Aplikasi Raport Digital Semester Genap ini