Beriman Kepada Kitab-kitab Allah Swt

Assalamu'alaikum...Sobat Ruang Madrasah,,Iman kepada kitab-kitab Allah adalah membenarkan bahwa semua kitab itu telah diturunkan oleh Allah Swt. kepada para nabi dan rasul dengan perantara Malaikat Jibril.
iman kepada kitab-kitab Allah

Dengan diturunkannya kitab-kitab Allah, manusia dapat mengenal ajaran para nabi dan Rasul terdahulu, sehingga mereka akan mendapatkan hidayah dan rahmat dari Allah melalui kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para nabi dan rasul.

Nama-nama Kitab Allah

Sebenarnya nama-nama kitab Allah itu jumlahnya sangat banyak sekali, sesuai dengan jumlah nabi dan rasul yang diutus Allah, Allah mengutus nabi dan rasul pada setiap zaman dan tempat sehingga sampai pada nabi yang terakhir yaitu Nabi Muhammad Saw. Karena jumlah kitab-kitab Allah yang banyak maka kita tidak diwajibkan untuk mengetahui nama-nama kitab tersebut kareana hanya Allah yang maha mengetahui akan nama-nama kitab tersebut. Ketidak wajiban dalam mengetahui nama-nama kitab Allah tersebut bukan berarti kita terlepas begitu saja, namun ada beberapa kitab yang wajib untuk kita ketahui dan kita percayaai keberadaannya, baik itu isinya, maknanya maupun hikmah yang terkandung dalam kitab tersebut. Kitab yang wajib kita imani dan percayaai itu berjumlah 4 (Empat) kitab, diantaranya adalah kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al-Quran. Untuk lebih jelasnya mimin akan membahas siapa saja nabi dan rasul yang berkhak menerima kita-kitab yang berjumlah 4 tersebut.

Nabi dan Rasul Penerima Kitab Allah

Di dalam Al-Qur'an di jelaskan ada 4 nama nabi dan rasul yang berhak menerima kitab Allah diantaranya adalah
  1. Nabi Daud AS menerima kitab Zabur penerimaan ini di jelaskan dalam Al-Qur'an surah an-Nisa ayat 163
  2. Nabi Musa AS menerima kitab Taurat penerimaan ktab Taurat ini dijelaskan dalam Al-Qur'an surah al-Maidah ayat 43 dan 44
  3. Nabi Isa AS menerima kitab Injil hal ini dijelaskan dalam Al-Qur'an surah al-Ma'idah ayat 46
  4. Nabi Muhammad SAW menerima kitab Al-Qur'an.

Cara Mengimani Kitab-kitab Allah

Iman kepada kitab-kitab Allah berarti mempercayai dan membenarkan keberadaannya dan semua kitab ini diturunkan oleh Allah kepada Nabi dan Rasulnya.

Dari banyak kitab-kitab Allah yang telah diturunkan kepada Nabi dan Rasul hanya ada satu kitab yang terjamin keaslian dan keafsahannya, kitab tersebut adalah Al-Qur'an. Sedangkan tata cara mengimani kitab-kitab Allah tersebut adalah dengan melakukan hal sebagai berikut:
  1. Mempercayai bahwa seluruh kitab yang diturunkan pada nabi dan rasul adalah datang dari Allah
  2. Mempercayai nama-nama kitab yang dijelaskan dalam Al-Qur'an termasuk keempat kitab yang telah disebutkan diatas
  3. Membenarkan berita-berita tentang kitab-kitab terdahulu dalam Al-Qur'an
  4. Mengamalkan hukum-hukum yang bersumber dari Al-Qur'an

KItab-kitab Allah sebelum Al-Qur'an sudah tidak berlaku lagi, baik dalam isi maupun aturan-aturan yang ada didalamnya. Kitab-kitab sebelum AL-Qur'an hanya berlaku pada masa-masa tertentu saja, yaitu selama nabi dan rasul yang diutus oleh Allah SWT. Sedangkan untuk kitab Al-Qur'an isi dan aturannya berlaku hingga akhir zaman.

Add Comments


EmoticonEmoticon