Cara Menambahkan Guru Baru di Simpatika Mudah dan Lengkap

Assalamu'alaikum...Salam satu madrasah,,Dalam sebuah kehidupan pasti akan ada perubahan, adakalanya naik dan turun, adalakanya masuk dan keluar. Begitu juga pada suatu lebaga pendidikan 
khususnya Pendidikan Madrasah ada guru yang baru ada juga guru yang sudah pensiun atau bahkan ada juga guru yang resain. 
aktivasi

Oleh karena itu jika di lembaga Madrasah anda ada guru yang baru dan ingin memasukannya ke dalam akun layanan SIMPATIKA, maka tepat sekali jika anda membaca artikel ini dan mengikuti langkah-langkah yang akan saya bagikan ini, karena pada kesempatan ini saya akan berbagi sebuah cara memasukan guru kedalam layanan SIMPATIKA. Sedangkan untuk Merubah Staff menjadi Guru silahkan klik Tautan ini " Cara Merubah Staff menjadi Guru di Simpatika ". Tentu saja sebelum anda memasukan guru tesebut kedalam layanan SIMPATIKA perlu anda ketahui terlebih dahulu syarat-syaratnya agar guru tersebut bisa terdaftar di SIMPATIKA. Untuk Cara Mengaktifkan Akun PTK Pada semester ini silahkan klik " Cara Aktifasi Akun PTK "

Syarat-syarat PTK Baru

  1. Belum terdaftar di layanan Simpatika
  2. Belum memiliki PegID
  3. Melengkapi data-data pada Formulir A05

Caran Aktivasi Akun PTK Bagian I

Langkah-langkah Pendaftaran

  • Langkah pertama silahkan anda kunjungi alamatnya yakni SIMPATIKA
  • Silahkan anda login sebagain sebagai PTK/Admin dan masukan PegID/NUPTK anda beserta Passwordnya
  • Setelah halaman terbuka silahkan anda pilih menu SIMPATIKA Sekolah/Madrasah
  • Setelah Dasbor SIMPATIKA terbuka silahkan anda klik menu Pendidik&Tenaga Kependidikan yang letaknya di menu atas 
    simpatika
  • Silahkan anda pilih Registrasi PTK kemudian klik Entri Formulir A05
  • Silahkan anda melengkapi data-data guru yang bersangkutan, setelah selesai klik simpan
  • Setelah itu silahkan anda klik CETAK untuk mencetak surat ajuan yang berupa surat S02c 
    simpatika
  • Setelah PTK Tersebut sudah mendapatkan PegID dan Passwordnya silahakan anda melakukan aktivasi dan melengkapi pengisian data PTK. 

Cara Aktivasi Akun PTK

Setelah PTK tersebut berhasil mendapatkan PegID dan Password atau sudah mendapatkan surat S02c silahkan ikuti langkah selanjutnya dibawah ini

  • Silahkan anda kunjungi alamat ini SIMPATIKA kemudian pilih menu Aktivasi Akun PTK
    aktivasi akun
  • Silahkan anda masukan PegID dan Password yang tertera dalam Surat S02c tadi 
    simpatika
  • Setelah jendela terbuka anda akan diminta untuk melakukan perubahan Password, Saran saya anda tidah perlu melakukan perubahan password tersebut sesuaikan saja dengan yang tertera dalam surat S02c agar jika nanti anda lupa passwordnya anda tidak kalang kabut dan pusing memeikirkan password yang hilang tadi, anda tinggal lihat saja pada surat S02c.
  • Setelah itu silahkan anda pilih Lanjut
  • Silahkan anda konfirmasi akun dan passwordnya jika data yang diberikan sudah benar dengan klik Simpan
  • Setelah itu silahkan anda login dan memasukan PagID dan password yang anda buat tadi Kemudian klik PTK
  • Silahkan anda priksa dan cek data yang sudah anda berikan jika ada yang salah silahkan anda hubungi Operator Madrasah anda, jika semuanya benar klik OK 
    menu isian
  • Silahkan anda mengisi angket ADS lalu klik simpan
    simpatika
  • Langkah selanjutnya silahkan anda isi data rinci anda yang melupiti Biodata, Kontak, Kepegawaian, Riwayat Mengajar dan Riwayat Pendidikan jika sudah selesai klik Simpan dan lanjutkan
  • Setelah semua sudah selesai langkah berikutnya silahkan anda klik Cek Status Verval Lv.2 
  • Setelah data yang dimasukan sudah benar silahkan anda bubuhkan ceklis pada kotak kecil kemudian klik Setuju dan Cetak Ajuan 
    simpatika
  • Setelah itu anda akan mendapatka surat S03c.
  • Selesai
Proses Pendaftaran PTK Baru sudah selesai anda lakukan, anda tinggal menunggu persetujuan Verval dari Operator Madrasah dan nanti anda akan memeropleh Surat S05A. cara melakukan Verval Level 2 Silahkananda ikuti Panduan di bawah ini yach...

Cara Aktivasi Akun PTK Bagian II

Setelah proses bagian yang pertama sudah anda lakukan dengan benar di  bagian yang II ini nanti anda akan mendapatkan surat bukti jika anda sudah behasil melakukan Verval (S05A) dan surat Pakta Integritas (S07), baiklan untuk langkah-langkahnya silahkan anda ikuti dibawah ini..

Langkah-langkah Verval PTK Lv.2


  • Seperti biasa silahkan anda masuk alamt SIMPATIKA
  • Setelah itu anda login sebagai Admin
  • Silahkan anda pilih sekolah/Madrasah
  • Setelah terbuka silahkan anda pilih Pendidik&Tenaga Kependidikan yang berada di atas
  • Silahkan anda klik Registrasi PTK,
  • Kemudian anda klik Registrasi PTK Lev.2 
    dasbor
  • Klik Entri Formulir S03
  • Setelah masuk silahkan pilih PTK yang mau anda daftarkan di BPSDMPK-PMP Kemendikbud
  • Silahkan anda teliti lagi bio data PTK dan data rinci PTK Tersebut setelah bsemua benar silahkan anda klik Lanjut
  • Selanjutnya silahkan anda priksa lagi berkas fisik yang dilampirkan oleh PTK, berkas tersebut diantaranya adalah Ijazah SD dan ijazah terakhir, SK Tugas Mengajar dan yang lainnya jika semua ada silahkan anda ceklis pada kolom yang sudah tersedia lalu klik Simpan
  • Silahkan anda cetak Surat pengajuan berkas (S05a) dan surat Pakta Integritas (S07a) 
    simpatika
  • Langkah terakhir setelah surat S05a dan S07a sudah anda dapatkan  silahkan anda antarkan surat tersebu ke Admin Kemenag Kab/Kota anda untuk dilakukan pemeriksaan dan persetujuan dan nanti PTK tersebut akan mendapatkan surat persetujuan (S08) sebagai bukti PTK tersebut sudah aktif dan terdaftar di SIMPATIKA
Selamat Penambahan Guru baru pada periode ini berhasil anda lakukan, Alhamdulillah,,,,Setelah melalui proses yang begitu panjang akhirnya  PTK  Baru sudah bisa masuk dan membuka Akun Layanan SIMPATIKA-nya.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga proses yang begitu panjang ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Add Comments


EmoticonEmoticon