Contoh Soal AKG, AKK Dan AKP Madrasah Tahun 2020

Contoh soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP) Madrasah merupakan bahan referensi untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Uji Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas

Berdasarkan Juknis Asesmen Kompetensi GTK Madrasah memuat empat (4) materi yang akan diujikan pada program Asesmen Kompetensi Guru Madrasah baik pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)

Contoh Soal AKG, AKK Dan AKP Madrasah


Ke empat materi diatas terbagi menjadi 2 Kompetensi diantaranya adalah 

1. Kompetensi Pedagogik

Materi kompetensi Pedagogik berdasarkan Peraturan Menteri (Permendiknas) nomor 16 Tahun 2007 diintegrasikan dengan materi Pedagogik, Literasi, Numerasi dan Sains.

2. Kompetensi Profesional

Materi Kompetensi Profesional pada program Asesmen Kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah meliputi materi Literasi, Numerasi dan Sains

Jumlah soal yang akan di ujikan pada program AKG guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) keseluruhannya berjumlah 60 butir soal dengan waktu pengerjaan 120 menit

Sedangkan komposisi soal dari masing-masing materi Asesmen Kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah sebagai berikut
  1. Komposisi Soal Pedagogik sebanyak 15 butir
  2. Komposisi Soal Literasi sebanyak 15 butir
  3. Komposisi Soal Numerasi sebanyak 15 butir
  4. Komposisi Soal Sains sebanyak 15 butir

Sehingga jumlah keseluruan dari ke empat soal AKG pada Guru MI sebanyak 60 butir soal

Contoh Soal AKG, AKK, AKP Madrasah 


Untuk melatih kemampuan kita dalam penguasaan materi AKG, AKK dan AKP Madrasah silahkan anda melatih dengan menjawab contoh soal-soal yang akan mimin berikan di akhir postingan ini

Contoh soal AKG, AKK dan AKP Madrasah yang akan mimin bagikan ini adalah contoh soal Literasi Guru Madrasah Ibtidaiyah silahkan untuk melihatnya pada tautan berikut ini

1. Contoh Soal AKG

1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....2 poin
a. kemampuan berkomunikasi
b. kemampuan untuk memecahkan masalah
c. kemampuan berinteraksi
d. kemampuan untuk mengintegrasikan diri

2. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah..... *2 poin
a. inspirasi
b. budaya
c. inspirasi
d. pengasuhan dan lingkungan

3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah- kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek- obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia *2 poin
a. 0 - 2 tahun
b. 2 -- 7 tahun
c. 7 -- 11/12 tahun
d. 11/12/ -- 14/15 tahun

4. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan.... *2 poin
a. Kognitif
b. Sosial
c. Emosional
d. Moral

5. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. *Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan2 poin
a. sosial-emosional
b. kognitif
c. moral
d. spiritual

2. Contoh Soal AKK



1. Guna pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsur pada sekolah tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan adalah .....
  • Menetapkan wakil Kepala Sekolah/Madrasah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
  • Menetapkan wakil Kepala Sekolah/Madrasah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
  • Menetapkan wakil Kepala Sekolah/Madrasah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu Kepala Sekolah/Madrasah dalam mengelola sesuai bidangnya,
  • Menetapkan wakil Kepala Sekolah/Madrasah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu Kepala Sekolah/Madrasah dalam mengelola sesuai bidangnya
  • Menetapkan wakil Kepala Sekolah/Madrasah untuk melaksanakan sesuai dengan bidang tugasnya

2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses menentukan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah/Madrasah melakukan......
  • Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
  • Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di KKG/KKKS serta dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif,
  • Selalu mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
  • Menugasi wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut.
  • Memberikan edaran kepada semua guru untuk mempelajari Permendiknas No. 41 Tahun 2007
3. Untuk meningkatkan mutu akademik, sekolah berkeinginan untuk mengatur kegiatan akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik di sekolah tersebut.Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah/Madrasah melakukan... ...
  • Segera memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan secara lisan kepada seluruh siswa
  • Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera mensosialisasikan kepada seluruh siswa
  • Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan di sekolah tersebut.
  • Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan menetapkan, serta disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan di sekolah tersebut.
  • Segera membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru mapel/guru kelas
4. Bentuk LHBS untuk setiap mata pelajaran yang sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007 adalah .....
  • Satu nilai untuk satu mata pelajaran
  • Satu nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar
  • Satu nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran
  • Satu nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan belajar,
  • Satu nilai untuk semua mata pelajaran
5. Kegiatan pelayanan konseling sangat diperlukan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah/Madrasah...
  • Mengabulkan permintaan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa,
  • Tidak mengabulkan permintaan tersebut karena akan menambah beban belajar siswa
  • Mengabulkan permintaan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan merupakan beban belajar siswa,
  • Tidak mengabulkan permintaan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting.
  • Mengabulkan permintaan tersebut dengan menambah jam ekstrakurikuler.

Unduh Contoh Soal AKG, AKK dan AKP


Untuk mempelajari dan mempersiapkan AKG, AKK dan AKP ang akan dilaksanakan pada Bulan November silahkan anda mengunduhnya pada tautan berikut ini

Demikian yang dapat mimin informasikan terkait Contoh Soal AKG, AKK dan AKP bagi Madrasah ini semoga bermanfaat untuk kita semua 

Add Comments


EmoticonEmoticon