Soal UAMBN SKI Tingkat MTs Kurikulum 2013

Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik guna untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dari satuan pendidikan.
soal uambn ski mts

Baru-baru ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019, aturan tersebut menjelaskan tentang Penyelenggaraan Ujian Yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional.

Aturan yang dikeluarkan oleh Mndikbud tentu saja telah menimbang berbagai macam persoalan yang berkaitan dengan pendidikan, salah satunya adalah bahwa sistem pendidikan harus mendorong tumbuhnya praktik belajar-mengajar yang dapat menumbuhkan daya nalar dan karakter peserta didik secara utuh, untuk mendorong praktik mengajar tersebut, satuan pendidikan diberikan keleluasaan untuk berinovasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang berpihak pada peserta didik.

Selain itu aturan mengenai penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dan penilaian hasil belajar oleh Pemerintah Pusat belum dapat mengakomodir kebutuhan hukum di masyarakat.

Oleh karena itu Pemerintah yang dalam hal ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan sebuah istilah " Merdeka Belajar" yang artinya guru dan sekolah lebih merdeka dalam menilai hasil belajar para peserta didik.

Dengan dikeluarkannya kebijakan Merdeka Belajar, pada kesempatan ini mimin ingin mebagikan contoh soal-soal Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) untuk mata pelajaran Al-Qur'an Hadis, FIQIH, Akidah Akhlak, SKI dan Bahasa Arab.

Soal UAMBN SKI MTs


Untuk contoh soal yang akan mimin bagikan di postingan ini adalah soal UAMBN Mata pelajaran Bahasa Arab beserta kunci jawabanya, untuk mengetahui seperti apa contoh soal UAMBN tersbut berikut ini mimin berikan sedikit gambaran dari contoh soal-soal tersebut

KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN)
TAHUN PELAJARAN  2019/2020

Nama           : .............................  No absen : …………………
Hari / Tanggal   : ............................. Waktu :  07.30-09.30
Kelas           :  VI (Enam)

 Pilihlah jawaban a, b, c, atau d yang kalian anggap paling benar !

1. Keadaan yang dialami oleh masyarakat Makkah pra Islam penuh dengan kemerosotan moral yang dikenal dengan zaman jahiliyyah. Adapun wujud perilaku masyarakat Makkah saat itu antara lain .....
A. Kebebasan bertempur di bulan-bulan haram (asyhurul hurumat)
B. Sistem ujroh yang berlaku pada kegiatan ekonomi
C. Ajaran agama Nabi Ibrahim dilaksanakan dengan serius
D. Laki-laki bebas menikah dan menceraikan isteri-isterinya

2. Sikap dakwah yang dilakukan Rasulullah SAW pada periode Makkah sebagai wujud strategi dakwah beliau ialah .....
A. Mengajarkan tata cara membaca al-Quran sesuai kaidah tajwid
B. Memerintahkan pelaksanaan shalat lima waktu berjamaah
C. Membangun pondasi akidah sebagai dasar dalam beragama
D. Memaksimalkan pengelolaan zakat fitrah dan zakat mal

3. Langkah yang ditempuh Nabi Muhammad SAW dalam mewujudkan persatuan intern umat Islam yang kuat serta memporkokoh persaudaraan sesama rnuslirn pada saat di Madinah ialah
A. Mempersaudarakan kaum Anshar dengan Kaum Muhajirin
B. Mengajarkan tata cara bercocok tanam bagi kaum Muhajirin
C. Membangun Masjid Nabawi sebagai pusat kegiatan ibadah
D. Menulis surat dakwah kepada raja-raja di Semenanjung Arab

4. Dalam usaha membangun kerukunan masyarakat Madinah, Rasulullah SAW membuat kesepakatan dengan warga Yahudi Madinah yang dikenal dengan nama Piagam Madinah. Satu diantara isi kesepakatan tersebut ialah ....
A. Muslim dan Yahudi bekerjasama dalam hal meningkatkan taraf perekonomian
B. Muslim dan Yahudi membangun satu bangunan untuk tempat ibadah bersama
C. Muslim dan Yahudi mengadakan pertemuan rutin untuk bermusyawarah
D. Muslim dan Yahudi harus saling membantu jika ada musuh yang menyerang

5. Perhatikan usaha-usaha yang pernah dilakukan oleh khulafaurasyidin berikut!
1) Merenovasi masjid Nabawi
2) Memerangi kaum murtad
3) Menyempurnakan kodifikasi al-Quran
4) Memajukan bidang ilmu bahasa
5) Memperkuat angkatan laut
Dari uraian tersebut yang menunjukkan prestasi-prestasi Khalifah Utsman bin Affan
adalah ....
A. 1, 2 dan 3                  C. 2, 3 dan 4
B. 1, 3 dan 5                  D. 2, 4 dan 5

6. Sumbangan para khulafaurrasyidin bagi dunia Islam yang sampai sekarang masih bisa dirasakan kemanfaatannya ialah ......
A. Mushaf al-Quran
B. Kitab hadis Kutubussittah
C. Kalender Miladiyah
D. llmu Mantiq dan Bayan

7. Para khulafaurasyidin memberikan andil dan sumbangan yang sangat besar dalam mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang adil, makmur serta seimbang antara dunia dan akherat. Adapun khulafaurrasyidin yang berjasa dalam hal peletakan dasar demokrasi dalam sistem kehidupan bernegara yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme ialah .....
A. Abu Bakar ash-Shiddiq                        C. Utsman bin Affan
B. Umar bin Khattab                                 D. Ali bin Abi Thalib

8. Pada masa Dinasti Umayyah perkembangan Islam mengalami kemajuan, khususnya di bidang ilmu pengetahuan yaitu pada bidang ....
A. sastra dan bahasa
B. matematika
C. fikih
D. hadits

9. Satu diantara berbagai kemajuan yang dicapai oleh pemerintahan Daulah Bani Umayyah pada saat pemerintahan khalifah Abdul Malik bin Marwan ialah ....
A. Perluasan wilayah kekuasaan Islam dari Afrika Utara sampai Eropa
B. Diberlakukannya bahasa Arab sebagai bahasa pergaulan sehari-hari
C. Memulihkan kembali persatuan dunia Islam dari rongrongan pemberontak
D. Adanya jaminan dan perlindungan atas kebebasan memeluk agama

10. Sayyidina Umar bin Abdul Aziz adalah khalifah yang membawa Daulah Umayyah mencapai puncak kejayaan. Berikut ini yang merupakan keteladanan dari sikap kesederhanaan dan kesalehan Sayyidina Umar bin Abdul Azis adalah ....
A. sabar                                  C. tawadhu'
B. zuhud                                D. Pemberani

Download Contoh Soal UAMBN SKI MTs


Untuk melihat lebih jelasnya silahkan bagi rekan-rekan yang membutuhkan guna untuk melatih anak-anak kita atau para siswa khususnya siswa kelas akhir yang berada di Madrasah Ibtidaiyah untuk mengunduh pada tautan berikut
Demikian yang dapat mimin bagikan terkait Contoh Soal UAMBN mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Tsanawiyah ini, semoga dengan adanya contoh soal ini bisa memberikan kemudahan kida dalam melatih dan mempersiapkan peserta didik kita dalam menghadapi ujian nanti

Add Comments


EmoticonEmoticon