Jadwal Pelaksanaan USBN MI Tahun 2018/2019

Semester Genap tahun pelajaran 2018/2019 sudah berlangsung dalam beberapa minggu, itu artinya bagi siswa-siswi kelas akhir khususnya di tingkat Madrasah Ibtidaiyah akan melaksanakan kegiatan rutinan tiap tahunnya, kegiatan tersebut merupakan sebuah kegiatan yang menentukan lulus dan tidaknya peserta didik pada tahun sekarang.
usbn
Keguatan Rutinan pada kelas akhir terdapat 2 kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh sisiwa kelas akhir, baik di tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiya maupun di Madrasah Aliyah kegiatan tersebut yaitu Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang biasa kita kenal dengan USBN dan Ujian Nasional atau singkatan dari UN.

Dalam Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (POS USBN) disebutkan bahwa pelaksanaan USBN tingkat Madrasah Ibtidaiyah akan dilaksanakan pada bulan April 2019 mendatang.

Pelaksanaan USBN 2019

Mekanisme penyusunan Soal

Mekanisme penyusunan soal untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional akan disusun oleh sekelompok Guru Madrasah yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) yang mana dalam pelaksanaannya  setiap Instansi Pendidikan diminta untuk mengirimkan salah satu gurunya untuk bergabung dan menyusun sebuah soal yang akan diujukan nanti. 

Peranan GKG

Peranan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam penyusunan sebuah soal USBN adalah:
  • Menyusun dan menelaah sebuah indikator berdasarkan kisi-kisi USBN
  • Sebelum soal di ujikan KKG menguji kelayakan soal yang kan di ujikan
  • Menerima 25% soal baik dari Dinas Pendidikan maupun dari kemenag
  • Merakit semua soal yang sudah terkumpul

Mata Pelajaran Yang Di Ujikan

Perlu anda ketahui bahwa pada mata pelajaran yang akan diujikan nanti memuat tiga mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Dari ketiga Mata Pelajaran tersebut. Team pembuat soal akan memberikan butir soal, bentuk soal dan alokai waktu dari masing-masing mata pelajaran tersebut. Berikut rincianya
  1. Untuk Bahasa Indonesia berbentuk pilihan ganda dan uraian, untuk pilihan ganda berjumlah 40 soal sedangkan untuk uraian berjumlah 5 soal dan alokasi waktunya sekitar 120 menit.
  2. Matematika berbentuk pilihan ganda dan uraian, untuk PG berjumlah 30 soal dan 5 soal untuk uraian dan waktunya 120 menit.
  3. IPA berbentuk pilihan ganda dan uraian, untuk PG berjumlah 35 dan 5 soal untuk uraian dalam waktu 120 menit.
Sedangkan soal USBN untuk Pendidikan Agama dan Budi Pekerti akan disediakan mandiri oleh kementerian Agama. dan bagi peserta didik yang tergolong dalam kategori Kebutuhan Khusus alokasi waktunya akan di tambah 45 menit

Jadwal USBN 

Berikut ini jadwal USBN tingkat Madrasah Ibtidaiyah, silahkan anda tulis sebagai bahan dalam mempersiapkan peserta didiknya agar ketika sudah memasuki waktu pelaksanaan peserta didik tidak kaget.


No Ujian Hari /waktu Waktu Mata Pelajaran
1 USBN Senin, 22 April 2019 08.00 - 10.00 Bahasa Indonesia
USBN Susulan Jum'at 26 April 2019
2 USBN Selasa, 23 April 2019 08.00 - 10.00 Matematika
USBN Susulan Senin, 29 April 2019
3 USBN Rabu, 24 April 2019 08.00 - 10.00 IPA
USBN Susulan Selasa, 30 April 2019

Add Comments


EmoticonEmoticon